Soal matematika kelas 7 semester 2

Conoth Soal Matematika Kelas 7 SMP/MTS dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Pilihan Ganda
Letakkan jawaban yang benar di depan tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d!
1. Jika nilai A = {2, 3, 4} dan nilai B = {1, 3}, maka nilai dari A ∪ B ….
A. {3}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {1, 3}
D. {2, 4}
2. Jika M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka nilai dari n (M ∪ N) ….
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
3. Diketahui X = {x | x <6, x sebagai bilangan asli) dan Y = {x | – 1 ≤ x ≤ 5, x є integer}, maka anggota (X ∩ Y) ….
A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}
D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
4. Jika n (A) = 10, n (B) = 8 dan n (A ∩ B) = 8, maka nilai n (A ∪ B) ….
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
5. Diketahui bahwa S = {bilangan asli kurang dari 10} dan A = {2, 4, 6, 8}. Nilai Ac adalah ….
A. {1, 2, 3, …., 9}
B. {0, 1, 3, 5, 7, 9}
C. {2, 4, 6, 8}
D. {1, 3, 5, 7, 9}
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q ….
A. P
B. Q.
C. {0}
D. Ø
7. Jika P = {angka asli kurang dari 5}, Q = {hitung kurang dari 6} dan R = {angka ganjil kurang dari 6}, maka n (P – (Q ∩ R)) ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є integer}, lalu n (A) ….
A. 18
B. 19
C. 20
D. 21
9. Lihat gambar di bawah ini!
Maka nilai dari A ∩ B adalah ….
A. {4, 8, 10}
B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {3, 4, 5, 7, 8, 10}
D. {3, 5, 7}
10. Dengan asumsi bahwa A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B ….
A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
B. {1, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {0, 1, 3, 5, 6, 7}
D. {3, 9}
11. Diketahui: {x | -1 ≤ x <3; x angka asli}. Semua x integer adalah ….
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {0, 1, 2, 3}
C. {-1, 0, 1, 2}
D. {1, 2}
12. B Tidak Dikenal = {1, 2, 3, 4}. Maka nilai himpunan dari B….
A. 4
B. 8
C. 16
D. 32
13. Diketahui: K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x bulat integer} dan L = {x | 0 <x ≤ 5; x є nomor utama}. Lalu K-L ….
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {-1, 0, 1, 2}
C. {-1, 0, 1}
D. {2, 3, 5}
14. Diketahui: S = {0, 1, 2, 3, …., 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, lalu Ac …
A. {3, 5, 7}
B. {0, 1, 6, 8, 9, 10}
C. {0, 6, 8, 9, 10}
D. {0, 1, 6, 8, 10}
15. Jika diketahui bahwa n (S) = 50, n (A) = (15-x), n (B) = (27 + x), maka jumlah irisan A dan B dari gambar dibawah ini adalah ….
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
16. Himpunan diketahui jika A = {jumlah hitung kurang dari 8} dan B = {faktor 6}. Ketika Anda mendaftar anggota, n (A ∪ B) adalah ….
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
17. Jika n (P) = 100, n (Q) = 120 dan n (P ∩ Q) = 80, maka n (P ∪ Q) ….
A. 80
B. 100
C. 120
D. 140
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4} dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C ….
A. {1,2,3,4,5}
B. {5}
C. {2,4}
D. {1,2,3,4}
19. Jika S = {0, 1, 2, …., 20} dan B = {x | x <18, x bilangan asli) lalu Bc ….
A. {0,18,19,20}
B. {18,19,20}
C. {0,18}
D. {0}
20. A = {10, 11, 12, 13}, B = {hitung antara 10 dan 15} dan C = {x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x numbers bilangan asli), lalu A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) ….
A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13}
B. {11, 12} dan {8, 9, 14}
C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13}
D. {10, 13} dan {8, 9, 14}
21. Di kelas VII-C ada 35 anak. Setelah penerimaan 21 anak menyukai matematika, 20 anak biologi dan 10 anak keduanya. Jumlah anak yang keduanya tidak suka adalah … anak-anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
22. Dari 35 anak ada (25 – x) anak yang suka makan permen dan (18 – x) yang suka makan cokelat. Jika 7 anak tidak suka makan permen dan cokelat, maka jumlah anak yang suka makan cokelat adalah … anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
23. Ada 40 anak 16 diantara senang menulis, sedangkan 22 anak lagi senang membaca lalu 12 anak lagi tidak suka membaca sama menulis. Jumlah anak yang suka menulis dan membaca adalah … anak-anak.
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Satu kelas memiliki 30 anak. 15 anak suka melukis, 20 anak suka menyanyi dan 8 anak suka keduanya. Jumlah anak yang keduanya tidak suka adalah ….
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
25. Survei menunjukkan bahwa 30 anak menyukai serial Doraemaon, 20 anak seri Pokemon dan 19 anak tidak suka keduanya. Jumlah peserta dalam survei adalah … anak-anak.
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
Kunci Jawabannya Lengkap Dengan Pembahasannya Soal Matematika Kelas 7
1. Pembahsannya
Jika:
A = {2, 3, 4}
B = {1, 3}
Kemudian nilai A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
Jawabannya: B
2Pembahsannya
Jika:
M = {a, i, u, e, o}
N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u, e, o}
Kemudian nilai n (M ≦ N) = 5
Jawabannya: A
3. Pembahasannya 
Jika 
X = {x | x <6, x bilangan asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | – 1 ≤ x ≤ 5, x є integer}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawabannya: B
4. Pembahasannya
n (A) = 10, n (B) = 8 dan n (A ≤ B) = 8
n (A-B) = n (A) + n (B) -n (A-B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawabannya: C
5. Pembahasannya
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {2, 4, 6, 8}
Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawabannya: D
6. Pembahasannya
Jika
P = {1, 5}
Q = {1, 3, 5, 7}
Kemudian nilai dari P ∪ Q = {1, 3, 5, 7}
Jadi hasilnya {1, 3, 5, 7} = Q
Jawabannya: B
7. Pembahsannya
P = {angka alami kurang dari 5}
= {1, 2, 3, 4}
Q = {angka kurang dari 6}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5}
R = {angka ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
(Q ∩ R) = {1, 3, 5}
P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} – {1, 3, 5})
n (P – (Q ∩ R)) = 4 – 3
= 1
Jawabannya: A
8. Pembahasannya
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є integer}
= {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}
n (A) = 21
Jawabannya: D
9. Pembahasannya
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7}
A ∩ B = {3, 5, 7}
Jawabannya: D
10. Pembahsannya
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 3, 6, 9}
A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
Jawabannya: A
11. Pembahsannya
Diketahui: {x | -1 ≤ x <3; x angka asli}
: {1, 2}
Jawabannya: D
12. Pembahasannya
n (B) = 4
Jumlah himpunan bagian = 2n
24 = 16
Jawabannya: C
13. Pembahasannya
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є integer
= {-1, 0, 1, 2, 3}
L = {x | 0 <x ≤ 5; x є nomor utama}
= {1, 2, 3, 5}
K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} – {2, 3, 5})
= {-1, 0, 1}
Jawabannya: C
14. Pembahasannya Soal Matematika Kelas 7
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7}
B = {1, 3, 5, 7, 9}
Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawabannya: B
15. Pembahsannya
n (S) = n (A) -x + n (A≤B) + n (B) + x
50 = 15 – x + x + 27 + x
50 = 42 + x
8 = x
Jawabannya: D
16. Pembahasannya
A = {angka kurang dari 8}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor 6}
= {2, 3}
A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
n (A ≤ B) = 8
Jawab: D
17. Pembahasannya
n (P) = 100, n (Q) = 120, dan n (P ≦ Q) = 80
n (A-B) = n (P) + n (Q) -n (P-Q)
= 100 + 120 – 80
= 140
Jawab: D
18. Pembahsannya
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4}
C = {1, 2, 3, 4, 5}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
(A ∪ B) ∩ C = {5}
Jawab: B
19. Pembahasannya
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 18, 19, 20}
B = {x | x <18, x bilangan asli}
= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}
Jawab: A
20. Pembahasannya
A = {10, 11, 12, 13}
B = {hitung antara 10 dan 15}
= {11, 12, 13, 14}
C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є angka alami}
= {8, 9, 10, 11, 12}
A – (B ≤ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})
= {10, 13}
A – (B≤C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})
= {8, 9, 14}
Jawab: D
21Pembahasannya
n (S) = 35 anak-anak
n (M) = 21 anak-anak
n (B) = 20 anak
n (M ∩ B) = 10 anak-anak
Maka: jumlah anak yang sama-sama tidak suka …?
Jawab: n (S) = (n (M) + n (B) – n (M ∩ B)) + n (T)
35 = (21 + 20-10) + n (T)
35 = 31 + n (T)
4 = n (T)
Jawabannya: B
22. Pembahasannya
  • S = teorema universal
  • P = suka makan permen
  • C = suka makan cokelat
  • Saya tidak suka makan keduanya
    dicentang:
  • n (S) = 35 anak-anak
  • n (P) = (25 – x)
  • n (C) = (18 – x)
  • n (T) = 7 anak-anak
    Dit: Berapa banyak anak yang suka makan cokelat …?
    Jawab: n (S) = n (P) + n (C) + n (P ∩ C) + n (T)
    35 = (25 – x) + (18 – x) + x + 7
    35 = 50 – x
    x = 15
    n (C) = (18 – x)
    = 18-15
    = 3
    Jawab: A
23. Pembahasannya
  • S = teorema universal
  • A = suka menulis
  • B = suka membaca
  • T = tidak suka keduanya
    dicentang:
  • n (S) = 40 anak-anak
  • n (A) = 16 anak
  • n (B) = 22 anak
  • n (T) = 12 anak-anak
    Dit: Berapa banyak anak yang suka menulis dan membaca …?
    Jawab: n (S) = n (A) + n (B) + n (A ∩ B) + n (T)
    40 = 16 + 22 + x + 12
    40 = 50 – x
    x = 10
    Jawab: A
24. Pembahasannya
  • S = teorema universal
  • G = suka menggambar
  • H = suka bernyanyi
  • G ∩ H = seperti keduanya
  • T = tidak suka keduanya
    dicentang:
  • n (S) = 30 anak
  • n (G) = 15 anak
  • n (H) = 20 anak
  • n (G ∩ H) = 8 anak-anak
    Dit: Berapa banyak anak yang tidak suka keduanya …?
    Jawab: n (S) = (n (G) + n (H) – n (G ∩ N)) + n (T)
    30 = (15 + 20-8) + n (T)
    30 = 27 + n (T)
    3 = n (T)
    Jawab: A
25. Pembahasannya Soal Matematika Kelas 7
  • S = teorema universal
  • Uu = suka Upin Ipin
  • Ss = suka Shaun the Seep
  • Uu ∩ Ss = suka keduanya
dicentang:
  • n (Uu) = 30 anak
  • n (ss) = 20 anak-anak
  • n (Uu ∩ Ss) = 19 anak-anak
Dit: n (S) …?
Jawaban: n (S) = n (Uu) + n (Ss) – n (Uu ∩ Ss)
n (S) = 30 + 20-19
n (S) = 31
Jawab: B
Demikian Pembahasan Mengenai Platihan Contoh Soal Matematika

Komentar

Postingan Populer